Categories
Uncategorized

Apa Perbedaan Reksadana dengan Investasi Saham?

Zaman semakin berkembang, saat ini banyak masyarakat yang memilih menggunakan cara investasi untuk mempersiapkan keuangan di masa depan. Banyak sekali cara investasi yang bisa digunakan untuk masyarakat salah satunya menggunakan cara Reksadana dan juga saham.

ilustrasi dari unsplash

Lalu, apa itu Reksadana dan saham? Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang bisa berupa saham, surat utang, maupun obligasi yang akan dikelola oleh manajer investasi. Sedangkan Saham adalah bukti kepemilikan dari suatu perusahaan baik sedikit atau besar yang biasanya dijual pada bursa efek.

Lalu apa saja perbedaan antara Reksadana dan saham jika dipandang dari berbagai sisi? Berikut penjelasannya lebih lanjut:

Baca juga: Mau Investasi Reksadana Tanpa Ribet? Yuk Cek https://www.most.co.id/reksa-dana

Perbedaan dalam Pengelolaan Dana

Yang pertama adalah dipandang dari pengelolaan dana. Jika Reksadana maka sudah dikatakan di atas yaitu akan dikelola oleh manajer investasi sehingga semua keputusan pembelian ada di tangan manajer investasi dengan mencari keuntungan paling banyak.

 Sedangkan jika investasi saham maka Anda bebas mengelolanya sendiri, Anda bebas memilih di perusahaan mana saja yang akan Anda pilih untuk menanam saham.

Perbedaan Biaya Investasi

Bagi Anda yang memilih investasi Reksadana, karena menggunakan jasa untuk melakukan investasi maka harus membayar biaya untuk manajer Investasi. Biaya ini akan dibayarkan atau dipotong saat melakukan penarikan.

Sedangkan untuk investasi saham, maka Anda tidak perlu membayar layanan hanya saham harus mengalokasikan uang untuk membayar biaya tradingnya sesuai dengan perusahaan sekuritas pilihan.

Perbedaan Risiko

Selanjutnya, mengenai perbedaan pada risikonya. Reksadana memiliki tingkat risiko yang cenderung lebih rendah karena semua sistemnya dikelola oleh manajer investasi yang memang memiliki skill dalam bidang tersebut.

Sedangkan untuk melakukan investasi saham, maka risiko cenderung lebih besar karena semuanya Anda olah secara pribadi apalagi yang belum paham.

Penutup

Itulah beberapa contoh perbedaan antara investasi dengan metode reksa dana dan juga saham. Bagaimana? Apakah Anda sudah bisa menentukan pilihan akan berinvestasi apa? Apakah Anda ingin melakukan investasi dengan keduanya sekaligus? Selamat mencoba, semoga keuntungan di pihak Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *